Header AD

header ads

PENGERTIAN ORGANISME AUTOTROF DAN ORGANISME HETEROTROF


Berdasarkan cara memperoleh makanannya, organisme di bedakan menjadi dua, yaitu organisme autotrof dan organisme heterotrof.

A. ORGANISME AUTOTROF

Organisme autotrof adalah organisme yang dapat membuat makanannya sendiri dengan mengambil zat dari lingkungannya melalui proses fotosintesis. Sebagian dari zat-zat itu digunakan untuk membangun tubuhnya. Sebagian lagi digunakan sebagai sumber energi. Organisme yang bersifat autotrof adalah tumbuhan. Dalam ekosistem, organisme autotrof berperan sebagai produsen.



Fotosintesis pada tumbuhan menghasilkan glukosa. Selain menghasilkan glukosa proses fotosintesis juga menghasilkan oksigen. Oksigen akan dilepas ke udara bebas. Oksigen inilah yang dibutuhkan oleh semua organisme untuk pernapasan. Kehidupan didalam air juga sangat tergantun pada poses fotosintesis. Fotosintesis di lakukan oleh fitoplankton dan tumbuhan air lainnya. Fotosintesis juga sering di sebut pula asimilasi zat karbon. 

Mengingat pentingnya fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan hijau, maka kelangsungan hidup tumbuhan hijau harus tetap dijaga. Misalnya dengan melakukan penanaman tumbuhan di jalan-jalan atau di taman-taman terutama di daerah perkotaan.


B. ORGANISME HETEROTROF

Organisme heterotrof adalah organisme yang tidak mampu membuat makanannya sendiri. Berbeda dengan tumbuhan, manusia dan hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri. Untuk membangun tubuhnya dan untuk mendapatkan sumber energi manusia dan hewan mengambil zat-zat yang bersumber dari tumbuhan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Yang termasuk organisme heterotrof adalah hewan, tumbuhan heterotrof dan jamur.

- HEWAN

Hewan dapat dibedakan menjadi herbivora, karnivora dan omnivora. 

Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan. Kelompok ini umumnya memiliki usus relatif lebih panjang daripada kelompok karnivora dan omnivora. Contoh herbivora adalah kuda, rusa, sapi kerbau, jerapah dll. 




Karnivora. Karnivora adalah hewan pemakan daging. Karnivora yang membunuh dan memakan hewan-hewan disebut predator. Contoh karnivora adalah singa, serigala dan burung elang.




Omnivora. Omnivora adalah hewan pemakan segala, baik yang berasal dari tumbuhan maupun yang berasal dari hewan. Contoh omnivora adalah ayam, dan tikus. Manusia juga termasuk golongan omnivora karena memakan tumbuhan (sayur) dan daging hewan.




Tumbuhan heterotrof. 

Tumbuhan heterotrof adalah tumbuhan yang memenuhi kebutuhan makanannya dengan mengambil zat makanan dari organisme lain yang masih hidup (sebagai parasit). Cara hidup tumbuhan tersebut merugikan organisme yang di tumpanginya. Contoh tumbuhan heterotrof adalah tali putri. Tali putri tidak berklorofil sehingga tidak dapat membuat makanannya sendiri.

Jamur

Jamur tidak dapat membuat makanannya sendiri karena jamur tidak memiliki klorofil. Jamur mengambil zat makanan dari organisme yang sudah mati. Dalam ekosistem jamur berperan sebagai pengurai.      

   
PENGERTIAN ORGANISME AUTOTROF DAN ORGANISME HETEROTROF PENGERTIAN ORGANISME AUTOTROF DAN ORGANISME HETEROTROF Reviewed by Unknown on April 08, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads