Header AD

header ads

PENGERTIAN MIKROSKOP CAHAYA DAN ELEKTRON BESERTA BAGIAN-BAGIANNYA




1.    Mikroskop Cahaya

Mikroskop cahaya menggunakan dua buah lensa, yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Mikroskop cahaya dapat memperbesar objek sampai 1000 kali bahkan 2000 kali ukuran objek asli.

Pada umumnya mikroskop cahaya memiliki tiga lensa objektif. Tiga lensa tersebut di bedakan untuk perbesaran lemah, sedang dan kuat. Perbesaran gambar dapat dihitung dengan cara mengalikan perbesaran lensa objektif dengan perbesaran lensa okuler.

Sebagai contoh, perbesaran lensa objektif 10 kali dan lensa okuler 10 kali maka perbesaran totalnya 100 kali.  


Berikut, gambar mikroskop cahaya dan bagian-bagiannya

                    

2. Mikroskop Elektron

Mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang mampu untuk melakukan pembesaran objek sampai 2 juta kali, yang menggunakan elektro statik dan elektro magnetik untuk mengontrol pencahayaan dan tampilan gambar serta memiliki kemampuan pembesaran objek serta resolusi yang jauh lebih bagus daripada mikroskop cahaya. Mikroskop elektron ini menggunakan jauh lebih banyak energi dan radiasi elektromagnetik yang lebih pendek dibandingkan mikroskop cahaya.

Pada tahun 1920 ditemukan suatu fenomena di mana elektron yang dipercepat dalam suatu kolom [elektromagnet], dalam suasana hampa udara (vakum) berkarakter seperti cahaya, dengan panjang gelombang yang 100.000 kali lebih kecil dari cahaya. Selanjutnya ditemukan juga bahwa medan listrik dan medan magnet dapat berperan sebagai lensa dan cermin seperti pada lensa gelas dalam mikroskop cahaya.

Jenis-jenis mikroskop elektron :

-        Mikroskop transmisi elektron (TEM)
-        Mikroskop pemindai transmisi elektron (STEM)
-        Mikroskop pemindai elektron (SEM)
-        Mikroskop pemindai lingkungan elektron (ESEM)
-        Mikroskop refleksi elektron (REM)


PENGERTIAN MIKROSKOP CAHAYA DAN ELEKTRON BESERTA BAGIAN-BAGIANNYA PENGERTIAN MIKROSKOP CAHAYA DAN ELEKTRON BESERTA BAGIAN-BAGIANNYA Reviewed by Unknown on Mei 29, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads